Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD

Daftar Isi
Ujian Sekolah merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sekolah. Siswa dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui Ujian Sekolah. Untuk memperlancar kegiatan tersebut dibutuhkan administrasi yang baik pula.

Aplikasi Administrasi ujian ini berbasis excel yang bertujuan untuk mempermudah dalam membuat aplikasi ujian sekolah, sehingga dapat memperlancar kegiatan tersebut.

Aplikasi ini dikhususkan untuk Sekolah Dasar karena memang saat ini saya bekerja pada sebuah sekolah dasar (SD), yang mungkin masih sangat sederhana. Aplikasi ini terdiri dari beberapa sheet, yang isinya kurang lebih sebagai berikut.
aplikasi format excel administrasi ujian sekolah
menu aplikasi administrasi US


  1.  Daftar Isi Administrasi Ujian Sekolah  (US)
  2. Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah (US)
  3. Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US)
  4. Jadwal Pelaksanaan Ujian Sekolah (US)
  5. Rekapitulasi Peserta Ujian Sekolah (US)
  6. Daftar Peserta Ujian Sekolah (US)
  7. Daftar Pengawas Ujian Sekolah (US)
  8. Denah Lokasi Ruang Ujian Sekolah (US)
  9. Denah Tempat Duduk (US)
  10. Tanda Bel Pelaksanan Ujian Sekolah (US)
  11. Daftar Hadir Peserta Ujian Sekolah (US)
  12. Daftar Peserta yang Tidak Mengikuti Ujian Sekolah (US)
  13. Daftar Hadir Pengawas Ujian Sekolah (US)
  14. ID Card Pengawas (US)
  15. Poster Tempel Ruang Ujian
  16. Poster Tulisan Dilarang Masuk Selain Peserta Dan Pengawas US
  17. Kartu Peserta Ujian Sekolah
  18. Berita Serah Terima Naskah Soal Ujian
Format administrasi ujian sekolah tiap sekolah atau tiap daerah bisa berbeda-beda, namun format diatas adalam format administrasi yang digunakan di tempat saya berkerja. Sebelum dibendel bisa menggunakan snell transparan dahulu, untuk mengantisipasi ada kesalahan atau perbaikan, dan jika kegiatan sudah selesai bisa kita bendel supaya rapi untuk keperluan arsip.

Untuk menggunakanya, kita terlebih dahulu mengisi data identitas sekolah pada shete menu: yaitu Kabupaten, Dinas, UPT, Sekolah, Alamat, Telepon, Website, Nama Sekolah, Nama Administrasi,Tahun Pelajaran, Tanggal pembuatan administrasi, Nama Kepala Sekolah, dan  NIP Kepala Sekolah.

Selanjutnya kita mengisi data pengawas pada sheet data pengawas, yaitu nama dan nip. Data ini akan digunakan pada sheet selanjutnya. seperti pada daftar pengawas, daftar hadir pengawas, id card, dan berita serah terima naskah soal Ujian Sekolah (US).

Setelah itu kita sesuaikan lembar atau sheet berikutnya, beberapa data akan terisi otomatis yang mengambil dari sheet menu dan sheet data pengawas. Aplikasi ini tidak full otomatis, beberapa harus kita entri atau edit manual.

Sebelumnya format administrasi adalah format word, kami coba ke format excel untuk mempermudah memasukan data atau mengkopy paste data, khususnya data siswa. Aplikasi ini masih terdapat banyak kekurangan, dan terlebih format administrasi ujian sekolah masing-masing berbeda.

Download Aplikasi Administrasi Ujian
Untuk mempermudah Anda dalam mendownloadnya dan memastikan aman dari virus, kami upload file via google drive
Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD [ unduh ]
Lihat Video Penggunaan Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah:


download juga:  APLIKASI NILAI IJAZAH SD TAHUN 2021

Pada saat mencetak / print administrasi ujian sekolah menggunakan microsoft excel mungkin beberapa printer berlum suport ukuran kertas F4, sehingga hasilnya akan terpotong. Lihat: CARA MENAMBAH UKURAN KERTAS F4 PADA PRINTER

Pada tahun 2021 USBN memang telah dihapus, namun sekolah dapat mengadakan Ujian Sekolah / Ujian Satuan Pendidikan / Asesmen ataupun istilah lainnya secara mandiri. 

Itulah yang bisa saya posting jika ada kritik saran ataupun komentar silahkan melaui kotak koemtar yang tersedia dibawah ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih 
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar