Langsung ke konten utama

Aplikasi Piagam Juara Kelas Format Excel

Assalmualaikum Wr Wb.

Pada kesempatan ini akan kami share aplikasi piagam penghargaan juara kelas berformat excel. Sebelumnya telah diposting tentang beberapa aplikasi berbasis excel. Kali ini adalah aplikasi piagam penghargaan. Aplikasi piagam juara kelas ini digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan piagam dengan jumlah yang banyak. Piagam juara kelas bisa dibuatkan sekolah untuk diberikan kepada siswa yang memperoleh juara kelas ataupun peringkat, sehingga dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Dengan memberikan piagam penghargaan ini bisa menjadkan bentuk reward kepada peserta didik, dan menambah motivasi semangat peserta didik

Aplikasi ini kami susun terinspirasi dari aplikasi yang sebelumnya telah ada, Anda bisa mencarinya melalui google, telah banyak blog yang mensharenya. Dari itu kami mencoba menyusun dengan gaya tersendiri namun sebenarnya kata-kata nya masih sama dari aplikasi tersebut. Mungkin nanti ada saran dari Anda agar kata-kata dalam piagam menjadi lebih baik, atau bisa Anda ganti sendiri sesuai kebutuhan dan selera.

Aplikasi cetak piagam juara kelas yang telah selesai kami susun menggunakan program microsoft excel 2007 terdiri dari beberapa sheet. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007 aplikasi ini dapat dibuka menggunakan microsoft excel 2010. Adapun sheet yang terdapat dalam aplikasi secara umum adalah sebagai berikut

Sheet Menu Utama Piagam Format Excel

Pada sheet menu utama kita mengisikan data utama yaitu data kop surat, data kepala sekolah, dan data tahun pelajaran. Pada sheet ini jerdapat tombol link menjutu sheet lain.
aplikasi piagam penghargaan berbasis excel

Sheet Wali Kelas
Di sheet wali kelas kita isikan data wali kelas, karena piagam ini akan ditanda tangani oleh kepala sekolah dan wali kelas. Pada sheet ini juga harus mengisi data kelas karena data ini menjadi sumber data pada sheet berikutnya yaitu data siswa yang memperoleh penghargaan.
data sheet piagam

Sheet Data Siswa
Pada sheet data siswa ini kita isikan data siswa yang memperoleh juara kelas, tersedia peringkat pertama, kedua, dan ketiga, serta nilai rata-rata siswa..
sheet data siswa untuk piagam

Sheet piagam
Pada sheet piagam adalah sheet untuk menampilkan piagam yang akan kita cetak. Disini telah dibuatkan 7 template variasi yang kesemuanya itu tidak diberi password sehingga Anda bisa mengeditnya sesuai selera atau sesuai kebutuhan. Dan berikut ini tampilan sederhana template piagam penghargaan untuk siswa juara kelas.

Template Piagam 1 (dasar)
template piagam exel 1
Template Piagam 2 (Hijau)




template piagam exel 2

Template Piagam 3 (Orange)
template piagam exel 3

Template Piagam 4 (Batik)

template piagam exel 4
Template Piagam 5 (colour full )
template piagam exel 5
Template Piagam 6 (gold)
template piagam exel 6
Template Piagam 7 (wateer)
template piagam exel 7



Untuk mencetaknya menggunakan kertas ukuran A4 dengan orientasi landscape.

Rumus yang digunakan dalam aplikasi.
Aplikasi ini menggunakan fungsi rumus vlookup. Selain itu ada sedikit fungsi macro yang ditambahkan untuk mempermudah pencetakan tombol print. Tombol Anak panah atau spin button, menu, dan print tidak akan ikut tercetak. Ditambahkan juga macro untuk otomatis menyimpan data ketika di close, sehingga kita tidak perlu mengklik tombol simpan, namun tentu saja sebelum menggunakan aplikasi terlebih daulu kita mengkatifkan/ mengenable macronya.
template piagam exel 7



Untuk lebih jelasnya bisa melihat video yang telah kami upluad melalui link yotube ini.


Kritik dan saran
Aplikasi ini masih sederhana dan masih banyak kekurangan, terutama dari sisi desain yang masih sangat simple. Kritik dan saran dari Anda kami harapkan agar aplikasi ini menjadi lebih baik dan bisa digunakan untuk mencetak piagam penghargaan.

Download aplikasi
Anda bisa langsung mendownload aplikasi tanpa ribet melalui link berikut
aplikasipiagam  pswd
https://www.dropbox.com/s/zm4lrihfeizdslk/Aplikasi_Piagam_tasADMIN.exe

link drive google https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

File size aplikasi cukup besar karena didalamnya terdapat beberapa gambar border.


Aplikasi ini berbasis excel, namun mengapa extensinya .exe ini karena telah dibuat seperti installer menggunakan winrar.

Sekian, yang bisa kami share, semoga bermanfaat. Anda bisa memberi dukungan dengan melihat link video berikut ini dan memberikan likenya https://youtu.be/YYktObtXmvs

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

  1. Assalamu'alaikum,. Link nya tdk bs terbuka mas, mohon petunjuknya.. Thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Waalaikumsalam
      gunakan link ini https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
    3. Waalaikumsalam
      gunakan link ini https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
  2. link aplikasi untuk piagam error, yg link drive bukan untuk piagam tapi aplikasi raport K13 Min, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya, berikut link download aplikasi https://drive.google.com/open?id=16_lxiftYO9m1IEcQrTRsrE3HJ1gQT6ly

      Hapus
  3. Kenapa nama kepala sekolahnya tidak bisa diganti?

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.

Postingan populer dari blog ini

CARA MENAMBAH UKURAN KERTAS F4 PADA PRINTER

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini untuk membaca postingan cara menambah ukuran kertas f4 pada microsoft word dengan printer HP LaserJet P1102.

Yang kami ketahui, pada umumnya kertas yang digunakan di Indonesia untuk mencetak dokumen adalah kertas tipe A4 dan F4.  Kertas A4 berukuran 210 x 297 mm atau 8,27 x 11,69 inci. Kertas F4 berukuran 215 x 330 mm atau 8,5 x 13 Inchi. Di Indonesia ukuran kertas A4 sering disebut Kwarto dan kertas F4 sering disebut kertas folio. Ada bermacam standar ukuran kertas internasional, namun yang sering digunakan adalah standar ISO.

Setiap printer pastilah ditemukan pengaturan kertas dengan ukuran A4, namun ukuran F4 munkin tidak ada pengaturannya dalam printer. Untuk itu diperlukan pengaturan lanjutan pada printer untuk kertas F4 agar kita bisa mencetak dengan baik menggunakan kertas tersebut. Pada tutorial kali ini saya akan contohkan seting kertas F4 pada printer HP Laser.

1. Kita buka Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers

2. K…

PENULISAN NOMOR SURAT DAN LAMPIRAN

3.2.3 Nomor Surat

Bagian nomor surat berisi nomor surat yang terbit, kode surat, dan angka tahun jika angka tahun termasuk ke dalam sistem penomoran. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

1. Kata yang harus digunakan ialah nomor karena merupakan bentuk baku.
2. Kata nomer tidak digunakan karena bukan bentuk baku
3. Huruf awal kata nomor ditulis dengan huruf kapital
4. Singkatan kata nomor adalah no. (dalam penggunaanya No.)
5. Angka tahun ditulis lengkap jika angka tahun itu merupakan bagian sistem penomoran.
6. Kata nomor diikuti tanda titik dua (:) tanpa di sela spasi
7. Demi kepraktisannya, nomor surat dibuat per tahun agar kumlah nomor urut relatif kecil.
8. Pada akhir baris tidak dibubuhkan tanda titik.
9. Baris itu tidak perlu digarisbawahi.
10. Spasinya tidak perlu di jarang-jarangkan

Contoh-contohnya sebagai berikut.
22) Nomor: 158/F8/1994
23) No.: 24/I.13.SMP.4/Um./1994

Samapai saat ini masih ditemukan penulisan nomor surat yang belum benar. Contoh-contohnya tersaju di bawah…

KUMPULAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 REVISI

Kurikulum 2013 atau yang sering disebut kurtilas, saat tulisan ini ditulis belum diberlakukan seluruhanya, hanya beberapa sekolah yang menerpakan kurikulum 2013. Dan tahun 2016 ini, Kemdikbud masih mengadakan pelatihan instruktur kurikulum 2013. Nantinya instruktur ini akan menjadi pembimbing di tiap daerah atau menyebarkan ilmunya tentang kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah direvisi, sebelumnya beredaar kabar namanya akan diganti menjadi kurlikulum nasional, namun nama kurikulum tetap yaitu Kurikulum 2013. Beberapa info terkait kuriulum 2013 yang telah direvisi saya dapatkan di jejaring sosial dan menjadi viral dan sudah di posting di beberapa blog, sebagai berikut.

  Ini dari pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013 antara lain sebagai berikut : Nama Kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional tetapi menggunakan nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompet…