APLIKASI CETAK AMPLOP SURAT EXCEL SIMPEL

Daftar Isi
Pada postingan ini, saya akan posting ulang tentang Aplikasi Amplop berbasis Microsoft Excel.

Aplikasi ini sesudah pernah saya share di blog sebelumnya dan terrnyata juga sudah banyak di share ulang oleh teman-teman blogger, Anda bisa mengeceknya melalui mesin pencari google. 

Karena saat ini sedang membuat dan mengembangkan blog tasADMIN.id untuk menambah content sengaja kami posting dengan kata-kata yang agak berbeda.
Aplikasi Amplop Surat Excel
tampilan aplikasi amplop surat

Sebagai Operator Sekolah ataupun Tenaga Administrasi kita tentunya pernah membuat surat. 

A. Amlpop Surat

Surat yang dibuat bisa surat keputusan, surat pengantar, surat keterangan, surat pemberitahuan, surat undangan, dan yang lainnya.

Namun untuk surat yang menggunakan amplop umumnya adalah surat pemberitahuan dan surat undangan. 

Fungsi utama dari amplop surat adalah memang untuk membungkus surat. Ada banyak ukuran amplop yang tersedia di pasaran.

Dengan menggunakan Amplop yang baik tentunya akan menambah citra baik instansi tersebut, dan menjadikan suasana yang positif untuk penerima surat membuka amplop, dan ingin segera mengetahui isi surat.

B. Aplikasi Amlop Surat

Dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Excel kami membuat aplikasi amplop surat sederhana.

Rumus yang digunakan untuk aplikasi amplop surat ini adalah Vlookup. Jadi kita membuat tabel data surat yang dikirim.

Setelah itu kita membuat "sheet form" untuk mencetak amplopnya. 

Dengan menggunakan rumus excel vlookup kita ambil data tabel tesebut. 

"Sheet Menu Utama" untuk data instansi juga dibuat, ini merupakan sumber data untuk kop surat. 

"Sheet Menut Utama" juga disiapkan agar tampilan aplikasi lebih bagus.

Di file excel aplikasi amlpop surat ini, disematkan juga beberapa fungsi macro yaitu print. Sehingga ekstensi file ini saya buat menjadi .xlb (Microsoft Office Excel Binary Worksheet) Dengan format ini juga supaya aplikasi bisa dibuka melalui Excel 2007, Excel 2010, Excek 2013 ataupun Excel 2019. Dalam penyusunannya aplikasi amplop ini menggunakan microsoft excel 2007.

1. Cara menggunakan aplikasi amplop surat berbasis excel

  1. File yang kami upload dalam bentuk .rar maka harus diekstrak dahulu.
  2. Aktifkan macro, jika ingin menggunakan tombol print pada aplikasi
  3. Isi data instansi dengan lengkap
  4. Isi data pengiriman surat 
  5. Setelah data diisi kita masuk ke sheet amplop, disini ada beberapa pilihan model amlop. Gunakan anak panah untuk mengganti data surat atau bisa langsung di ketik. 
    cetak amplop menggunakan excel
    sheet amplop

2. Download Aplikasi Amplop Surat Excel

Untuk mendownloadnya Anda cukup mengklik tautan/link yang kami tampilkan dibawah ini, maka akan langsung terdownload. 

https://drive.google.com/file/d/1o6kgOV4Xw-Yer6Yg-6P_6V3Joatdtgk-/view?usp=drive_link
 
Pelajari juga: Tentang Penulisan Alamat Tujuan Surat Dinas

C. Akhir Kata

Itulah tentang aplikasi amplop surat excel yang simpel / sederhana untuk mudah mencetak amplop dan sekaligus membuat data arsip pengiriman surat. 

Jika aplikasi kurang bagus, atau ada yang perlu diiubah, silahkan ubah sesuai keperluan, Sheet amplopnya tidak diberi password, jika menginginkan password VBAnya lansung saja contact admin di https://www.tasadmin.id/p/contact.html. Semoga bermanfaat.

Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.